Wednesday 24 October 2007

SISTEM MANAJEMENADMINISTRASI RADIO

SISTEM MANAJEMENADMINISTRASI RADIO

Sistem Manajemen Administrasi Radio merupakan sebuah perangkat lunakaplikasi komputer yang dirancang dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasimanajemen pada perusahaan yang bergerak dalam media informasi dalam hal ini stasiunradio.Dalam program aplikasi ini telah disiapkan beberapa fungsi kerja yang dapatmempermudah pekerjaan secara administrasi yang dilakukan oleh staff atau karyawan.Fungsi-fungsi yang telah disiapkan diantaranya :1. Marketing dan Traffic2. Music Director3. Produksi4. Keuangan dan Administrasi Umum5. Siaran6. MonitoringProgram aplikasi ini digunakan pada komputer yang terhubung dalam jaringan,semua data yang di olah oleh masing-masing fungsi disimpan pada database server. Berikutini kami jelaskan mengenai fungsi-fungsi tersebut di atas.

I.DIVISI MARKETING DAN TRAFFIC

Divisi Marketing memiliki tanggung jawab dalam mencatat setiaporder iklan yang akan ditayangkan di radio. Proses pencatatan iniberdasarkan Tanggal Pemesanan danNOP ( Nomor OrderPemesanan ). Dalam proses pencatatan order iklan ini, divisiMarketing juga memberikan informasi yang berguna seperti jamtayang khusus, pembuatan format iklan yang akan ditayangkan, jinglemusic dengan kwalitas yang baik sesuai dengan keinginan pemesanorder iklan (klien).Sehingga pada suatu saat seseorang ( klien ) yang mewakili sebuah badan usahaatau institusi ingin menayangkan iklan tersebut di radio maka divisi Marketing dapat secaramudah mengetahui jadwal yang masih dapat digunakan untuk menayangkan iklan tersebut.Dan informasi tersebut dapat secara cepat disampaikan kepada klien dan klien dapat segeramenentukan jadwal untuk penayangan iklannya.Proses atau fungsi kerja yang dilakukan oleh divisi Marketing ini dapat dikatakansebagai fungsi utama dalam usaha dibidang jasa Radio.Dalam program aplikasi ini, divisi marketing memiliki fasilitas diantaranya :1. Input Data OrderFasilitas Input Data Orderini adalah melakukanpencatatan jadwal iklandari sebuah badan usahaatau institusi sampaidengan nilai nominal daripenayangan iklan tersebut.


2. Space Spot (Traffic)
Fasilitas Space Spot ini adalahmemberikan informasi jumlahpenyediaan iklan (stock)berdasarkan hari/tanggal danjam tayangnya.3. Master KlienFasilitas Master Klien ini adalah melakukanpencatatan data kien yang akan dan telahmelakukan transaksi pemesanan penyangan iklandi radio4. Laporan Spot (Traffic)Fasilitas Laporan Spot ini adalah memberikaninformasi mengenai iklan yang sudah ditayangkandan belum ditayangkan5. Laporan OmzetFasilitas Laporan Omzet ini adalahmemberikan informasi omzet yangdidapatkan oleh divisi marketing dalamperiode tertentu.

II.DIVISI MUSIC DIRECTOR
Divisi Music Director bertugas untuk membuat format audio lagudan iklan jika terdapat pemesanan dari biro iklan. Setelah membuatdalam format audio, divisi ini mencatat data-data tersebut. Data-dataini diperlukan oleh bagian lainnya seperti divisi produksi dan siaranberupa data lagu dan iklan yang akan diputar pada saat itu.Manajemen Radio mempersiapkan divisi music director ini sebagai sebuah divisiyang dapat menerima permintaan segala jenis / bentuk format audio lagu dan iklan untukdiolah agar hasilnya dapat didengar secara menarik dan berkualitas baik.Dalam program aplikasi ini, divisi marketing memiliki fasilitas diantaranya :1. Master LaguFasilitas Master Lagu iniadalah untuk melakukanproses pencatatan lagu-lagu yang dimiliki olehradio. Proses pencatatandibedakan berdasarkankategori lagu dan formatmedianya (MP3, WAV,MID) dan akan disimpandalam database server,sehingga data tersebutdapat digunakan olehdivisi Siaran.


2. Master IklanFasilitas Master Iklan ini adalahuntuk melakukan prosespencatatan iklan-iklan yangdiinginkan oleh klien. Prosespencatatan ini dibedakanberdasarkan produk yang akan diiklankan dan akan disimpandalam database server, sehingga data tersebut dapat digunakan oleh divisi Siaran atau Penyiaran.

III. DIVISI PRODUKSI
Setiap media informasi elektronik yang berdiri terutama media radiodan televisi akan memberikan suatu bentuk acara yang berbedasebagai ciri khas dari media tersebut. Oleh sebab itu acara-acarayang akan disiarkan terlebih dahulu harus di tentukan oleh bagianproduksi.Pada Aplikasi Radio ini terdapat dua tahapan yang harus dilakukan oleh divisi acaradiantaranya adalah :1. Input AcaraUntuk menentukan jadwalacara yang akan di siarkanpada periode tertentu, berikutdengan penyiar2. Input BeritaUntuk menuliskan berita yangdapat berasal dari media cetak(koran, tabloid, majalah dll)atau informasi dari parapendengar. Dan menentukanjadwal pembacaan beritatersebut oleh penyiar
.

IV. DIVISI KEUANGAN DAN ADMINISTRASI UMUM
Tanggung Jawab :1. Mencatat dan mencetak gaji pegawairadio2. Memberikan informasi tentangpendapatan yang diterima selamasatu periode berjalan oleh radio3. Memberikan informasi tentangpengeluaran yang dikeluarkanselama satu periode berjalan dariradio4. Mencatat tanggal pembayaran tagihan piutang5. Memberikan informasi mengenai data absensi staff dan penyiar radioMENU MASTER1. Master PegawaiMelakukan proses pencatatan data semua karyawanyang bekerja di radio radio. Karyawan ini di bedakanmenjadi :• Staff,• Reguler , staff yang merangkap sebagaipenyiar• Penyiar.

2. Inventaris
Melakukan pencatatan data peralatanadministrasi kantor, seperti : komputer,sound system, telepon, meja, kursi dan lain-lain3. DokumenMelakukan pencatatandokumen-dokumen pentingyang dimiliki oleh pihak Radio4. User ManagementMelakukan pencatatanmengenai pengaturan pengguna(user name dan password)program aplikasi di divisikeuanganMENU ABSENSI1. Data AbsenMelakukan pencatatan waktudatang dan keluar dari staff danpenyiar radio.

MENU KEUANGAN
1. Pengeluaran1.1 Gaji PegawaiInformasi pengeluaran kas yang terjadidalam pembayaran gaji pegawai dalamsatu bulan1.2 OperasionalMelakukan pencatatan setiaphari pengeluaran kas untukkegiatan acara radio yangmembutuhkan biaya.1.3 Non OperasionalMelakukan pencatatan pengeluarankas jika adanya kegiatan acara radioyang membutuhkan biaya.

2. Pendapatan
2.1. IklanPendapatan yang berasal dari pembayaran iklan2.2. Lain-lainPendapatan yang berasal selain daripembayaran iklan, seperti pemberianmodal usaha3. NeracaMelakukan pencatatan keadaan kas(Rugi / Untung.

4. Kas KecilMelakukan pencatatan keadaankas sehari-hari.

0 comments:

 
Template designed using TrixTG